Semoga Allah Melimpahkan Rahmatnya kepada Kita Semua

Selasa, 24 Mei 2011

Alhamdulillah, Data terformat/terhapus muncul kembali

Assalamu'alaikum Wr Wb.
Hari Ahad tanggal 22 Mei 2011 merupakan hari yang sangat sibuk sekali,, hari yang seharusnya di pakai untuk istirahat, tapi malah disibukkan oleh PC kesayangan. bagaimanana tidak sibuk,, PC-ku mendadak marah-marah dan minta dirawat (full time), akhirnya aku coba untuk instal ulang. Tapi, ada kesalahan. pada saat mau install ulang, aku salah memformat harddisk, yang aku format bukan system, tapi partisi harddisk yang berisi data-data penting ber kapasitas 20 GB. salah siapa ya, salah tangan, mata atau komputernya? sampai-sampai harus salah memformat.
Akhirnya tanpa pikir panjang, PC aku install ulang saja, (tanggung). setelah selesai, baru aku connect internet (walaupun koneksi lambat karena memakai Flexinet-murah meriah) dan mencoba jalan-jalan sambil melihat-lihat di mbah GOOGLE tentang mengembalikan data yang terformat. Alhamdulillah, akhirnya aku menemukan juga software yang bisa mengembalikan data-data yang terformat di antaranya:
1. easy Recovery Professional
2. Recuva
3. Testdisk
4. Get data Back
5. R-Studio
dan mungkin masih banyak lagi software lainnya.
melalui saran mbah google (blogger-blogger) akhirnya aku pakai saja software R-Studio, dengan harapan bisa mengembalikan data aku yang terformat.
bagaimana caranya?

aku share aja disini langkah-langkahnya:
1. Siapkan software R-Studio, download aja dari situs-situs penyedia, seperti situs ini. setelah di download, instal Software sampai finish (jangan lupa, sediain kopi dan makanan ringan ya)
2. setelah di instal, Jalankan R-Studio (klik start menu>>Program>>R-Studio>>R-Studio) dan masukan serial R-Studio
3. klik partisi yang terformat, seperti gambar di bawah ini


4. maka scan partisi berjalan, seperti gambar di bawah ini


tunggu beberapa menit sampai proses scan selesai
5. Setelah selesai, klik ganda partisi yang kita scan tadi. maka akan muncul seperti gambar di bawah ini



biarkan proses tersebut (sedang mengumpulkan data-data yang terformat) dan tunggu sampai selesai
6. centang data-data yang akan kita kembalikan atau bisa centang semua, kemudian klik kanan pada drive yang kita centang dan klik recover

7. maka akan muncul seperti gambar di bawah ini


8. klik select,



9. tentukan tempat penyimpanan yang baru, bisa di folder R-TT, atau bisa membuat folder baru (make folder), setelah selesai klik OK
10. muncul kotak dialog dibawah ini


11. klik yes
12. proses recover berjalan seperti gambar di bawah ini, tunggu sampai selesai,



catatan:
a. pastikan data yang kita recovery bisa tersimpan di drive yang berkapasitas besar (sesuaikan dengan kapasitas data yang terformat)
b. apabila dalam proses recover muncul kotak dialog, klik CONTINUE atau RENAME
c. aktifkan juga antivirus, untuk menjaga kemungkinan ter-recovery virus-virus yang ada di harddisk
d. jangan terkejut, jika data yang direcover tidak 100% ter-recover.

2 komentar: