Semoga Allah Melimpahkan Rahmatnya kepada Kita Semua

Jumat, 26 November 2010

Cara Pengisian aplikasi data UN

Pengisian aplikasi data UN atau input data menjadi masalah tersendiri bagi para sekolah. berbagai data-data harus sudah siap untuk pengisian data tersebut (SMP dan SMA) baik Ijazah, SKHUN, maupun Buku Induk. Pengalaman saya, muncul beberapa masalah, diantaranya

1. No SKHUN atau No SKHUASBN siswa. bagi siswa yang berasal dari luar provinsi akan menjadi masalah tersendiri karena apabila kita input No SKHUN/SKHUASBN maka akan terjadi error data pada saat input online dan atau export biodata online.

Untuk mengatasi siswa yang berasal dari luar provinsi, maka NO SKHUN/SKHUASBN harus dikosongkan

2. siswa lulusan tahun 2007 dan sebelumnya. hal ini juga akan menjadi masalah dalam proses input secara online.

sama seperti point 1, maka nomor SKHUN/SKHUASBN harus dikosongkan

sebagai pelengkap point 1 dan 2, lampiran SKHU dan SKHUASBN harus diserahkan ke dinas Kbaupaten/Kota setempat dengan dilampiri surat keterangan dari sekolah bahwa siswa tersebut berasal dari luar provinsi dan atau siswa tersebut lulus tahun 2007 dan sebelumnya

3. untuk upload data siswa secara online, maka sekolah harus menyediakan file dbf dari aplikasi tadi dan file csv nya. untuk file csv bisa kita dapatkan dengan meng-export biodata online yang tersedia dalam aplikasi bios baru.

Dari pengalaman saya dalam meng-upload data dbf dan csv secara online, file dbf bisa lancar dan success ter-upload jika point 1 dan 2 di atas dilakukan. Sedangkan untuk file csv nya, saya belum berhasil meng-upload, tertulis bio11_0211037.csv not success . keterangan errornya pun tidak jada. Semua siswa tercentang tetapi tidak succes. dan sampai sekarang saya belum tahu apa yang menjadi errornya.

semoga bisa membantu.. dan semoga ada yang bisa menjawab permasalahan mengenai upload file csv-nya

semoga berguna

terimakasih.

Tambahan:

Untuk file Propinsi.dbf , file rayon11_ppj.dbf, dan file sek11_pprrj.dbf, file dbf nya bisa dibuat dalam bios lama. untuk kodenya, belum bisa saya upload semua (untuk SMA).

1 komentar:

  1. Pretty nice post. Aku hanya tersandung pada blog Anda dan ingin mengatakan bahwa saya telah benar-benar menikmati browsing posting blog Anda. Dalam hal apapun saya akan berlangganan feed Anda dan saya harap Anda menulis lagi segera!

    BalasHapus