Semoga Allah Melimpahkan Rahmatnya kepada Kita Semua

Jumat, 26 November 2010

Import Data dari BIOS lama

Pendataan Ujian Nasional untuk SMP/MTs/SMA/MA/SMK tahun ajaran 2010-2011 dilakukan melalui sebuah aplikasi Pendataan yaitu aplikasi input data dengan cara offline. selain dengan cara offline, input data juga bisa dilakukan secara online. Namun sebelum input data secara online, operator sekolah yang ditugaskan harus meng-input data dengan cara offline. input data secara offline dilakukan melalui sebuah aplikasi pendataan. untuk aplikasi tersebut, bisa didapatkan dari dinas-dinas Kabupaten/kota setempat. Aplikasi tersebut ada 3 macam (yang saya ketahui), yaitu aplikasi versi 10.11, versi 10.11b, dan versi 10.11c. dari ketiga aplikasi tersebut saya juga belum tahu keunggulan dan kekurangan masing-masing versi.

Saya meng-input data untuk SMA dengan versi 10.11 sedangkan untuk SMP saya menggunakan versi 10.11b. sebelumnya, untuk SMP, saya menggunakan aplikasi versi 10.11c namun setelah selesai input data selalu terjadi error sedangkan dengan versi 10.11b Alhamdulillah lancar.

Selain input langsung melalui aplikasi pendataan UN offline, kita juga bisa import data dari BIOS lama. Apalagi bagi sekolah yang sudah input data melalui BIOS lama, jangan Khawatir. Kita tidak perlu harus input lagi ke aplikasi yang baru.

bayangkan saja, kita sudah meng-input data ke BIOS lama (jumlah siswa 500 siswa) terus karena harus melalui aplikasi baru, kita harus input lagi! oh tidak, waktu banyak terbuang percuma.

Nah, Aplikasi baru menyediakan menu import dari BIOS lama, jadi tidak usah input ulang. tinggal import saja. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Kode Provinsi dari BIOS lama harus sama dengan kode Provinsi di BIOS baru

2. Kode Rayon dari BIOS lama harus sama dengan kode Rayon dalam BIOS baru (untuk kode rayon, silahkan tanya ke dinas Kab/Kota, atau ke sesama operator dalam kab/kota tersebut)

3. Kode Sekolah dalam BIOS lama harus sama dengan kode sekolah dalam bios baru

4. Rename file dbf dari BIOS lama tersebut dengan nama BIO11_pprrj

5. setelah selesai, file dbf dalam BIOS lama, kita Copy pastekan ke folder Biodata dalam folder pp rr dalam folder BIOS baru

Apabila kita sudah input data dalam bios lama dengan kode rayon dan kode sekolah persis seperti kode tahun lalu (kode rayon dan kode sekolah kemungkinan tidak akan sama antara tahun lalu dan sekarang), maka kita hanya perlu sedikit mengubahnya dalam bios lama dan disesuaikan dengan kode dalam bios baru.

1. ubah terlebih dahulu kode sekolah dalam bios lama melalui menu data sekolah dalam bios lama, apabila terjadi double kode sekolah maka hapus dulu kode sekolah lain yang sama, baru kita masukan kode sekolah kita

2. ubah juga kode rayon melalui menu data rayon. lakukan seperti point 1

3. ubah juga kode provinsi melalui menu data provinsi. ini dilakukan jika kode provinsi berbeda dengan kode provinsi dalam bios baru

4. log out dari bios lama

5. Copy file dbf dari bios lama dari folder pp-rr/biodata yang lama ke folder baru pp-rr/biodata dengan pp dan rr yang baru (masih dalam folder bios lama)

6. login kembali ke bios lama dan lihat apakah kode rayon dan sekolah sudah berubah. jika belum berarti ada sedikit kesalahan dalam proses yang tadi (saya sudah mencoba dan ternyata bisa berhasil)

7. copy paste-kan file yang tadi kita ubah ke folder dalam bios baru (dalam folder pp-rr/biodata)

8. rename file dbf tersebut (dalam bios lama biasanya bernama BIOrrxxx, xxx=kode skolah) dengan nama BIO11_pprrxxxj, j=jenjang (U=SMA, K=SMK, P=SMP)

9. login ke bios baru dan lihat hasilnya

10. masuk ke menu Export/import dalam bios baru,

11. sesuaikan kabupaten/kota dan sekolahnya

12. klik import dari bios lama, terus klik kotak proses.

13. Jika berhasil, maka proses sukses, jika tidak maka akan terjadi pemberitahuan

(sudah di coba dan 100% sukses)

semoga bermanfaat

selamat mencoba


Download Aplikasi UN SMP (bios baru)

Tambahan:

Untuk file Propinsi.dbf , file rayon11_ppj.dbf, dan file sek11_pprrj.dbf, file dbf nya bisa dibuat dalam bios lama. untuk kodenya, belum bisa saya upload semua (untuk SMA).

11 komentar:

  1. saya telah download aplikasi UNSMP yang ada di halaman blog anda ini, tapi saya tidak bisa buka karena user name sama passwordnya saya tidak tau..... saya mohon tolong dikirimkan user name sama passwordnya....


    terima kasih

    BalasHapus
  2. terima kasih pak.......

    BalasHapus
  3. maaf pak..... saya mau entri data sekolah tapi tidak bisa..... blangkonya tidak keluar.....

    BalasHapus
  4. mav pak, yg di download itu hanya aplikasi aj, data sekolah di bagi per provinsi. dan kami hanya punya provinsi jawa barat. sekolah bapa dimana?

    BalasHapus
  5. sekolah saya di NTB pak.... kalo untuk aplikasi yang untuk seluruh provinsi ada gak pak....??

    BalasHapus
  6. aplikasi nya sama, bedanya hanya di file dbf nya pak.. saya tidak punya file stiap provinsi, karna itu berasal dari operator provinsi.
    file dbf nya bisa di buat, asal bapa tahu kode provinsi, kode rayon, kode sekolah. (kode untuk tahun UN 2011 beda dgn kode UN tahun 2010).

    BalasHapus
  7. ok pak..... trims infonya.....

    BalasHapus
  8. sama-sama.. mav saya tidak dapt membantu lebih lanjut.

    BalasHapus
  9. saya telah download aplikasi UNSMP yang ada di halaman blog anda ini, tapi saya tidak bisa buka karena user name sama passwordnya saya tidak tau...

    saya mohon kirim username dan password nya pak..

    BalasHapus