Semoga Allah Melimpahkan Rahmatnya kepada Kita Semua

Selasa, 30 November 2010

Informasi Aplikasi UN (format Excel)

Masih mengenai sekitar aplikasi UN atau pendataan Ujian Nasional secara offline. mungkin masih banyak sekolah yang belum input data dalam aplikasi tersebut. hal itu dikarenakan terbentur dari file-file yang berbentuk dbf untuk daerahnya dan juga terbentur dari nomor SKHUN/SKHUASBN yang tidak ada.

Dalam aplikasi pendataan UN yang baru tersebut, baik aplikasi untuk SMP maupun aplikasi untuk SMA (lihat di bar sebelah kiri) kita di beri kemudahan, yaitu disediakan menu import, baik import dari bios lama maupun import dari excel. Menggaris bawahi kedua menu import tersebut yaitu import bios lama dan import dari excel, yaitu kita harus memahami kedua menu tersebut.

langkah-langkah import dari bios lama mudah sekali, bisa dibaca dalam posting "Ralat: Import dari Bios Lama". Sedangkan untuk import dari Excel saya rasa sangat susah, dan sampai sekarang saya belum berhasil mencobanya. ini di karenakan file excel yang diinginkan oleh aplikasi pendataan UN yang baru yaitu file Excel 95. dalam artian bahwa, file excel tersebut harus dibuat dalam excel 95. memang kita bisa merubah file excel dari bentuk file 2007, tapi convert file hanya sampai excel 97. tidak ada convert file untuk excel 95.

Jadi untuk menu import, saya sarankan menggunakan import dari bios lama. lebih mudah, lebih praktis.

Kalau ada sahabat yang berhasil meng-import data excel ke aplikasi yang baru. tolong di share.. berbagi ilmu, berbagi kebaikan.

Semoga berguna






5 komentar:

  1. bagi yang memakai excel 2007 dapat save as ke excel 95 dengan cara save as excel binary workbook.
    Excel binary workbook tsb ada di atas save as excel 97-2003

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal tersebut sudah saya coba, dan hasilnya gagal terus. File memang bisa disave, tapi saat diimpor gagal, mungkin software-nya bermasalah karena setelah saya mencoba "opsi" cetak file untuk verifikasi dan ternyata gagal, akhirnya file .DBF- nya saya copy ke bios lama dengan "me-rename" Bio13.......DBF menjadi Bio12.........DBF, dan proses cetakpun berhasil.

      Oya untuk masalah import dari file excel, mungkin lebih baik jika kita membuatnya langsung dengan MS Office 95-nya.

      Katanya sih ada yang berhasil, ini dia link-nya
      http://smknsatutambunutara.blogspot.com/2012/12/cara-import-dari-file-excel-bios-un.html

      Hapus
  2. terima kasih infonya... kami sudah coba dan ternyata gagal terus, mungkin ada kesalahan dari kolom pengisian EXCEL nya.

    BalasHapus
  3. [...] Untuk Import biodata Excel: Belum pernah di coba, file excel harus berada dalam format excel 2003. [...]

    BalasHapus