Semoga Allah Melimpahkan Rahmatnya kepada Kita Semua

Kamis, 25 November 2010

Kode Provinsi Untuk Aplikasi Pendataan UN Offline

Pendataan Ujian Nasional Sekolah baik SMP/MTs maupun SMA/MA/SMK untuk tahun ajaran 2010/2011 dilakukan dengan cara Offline dan Online. Untuk Pendataan Offline di input melalui sebuah aplikasi (besar file kurang lebih 200 MB) pendataan yang di sediakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK), dan yang berhak untuk input data yaitu pihak operator sekolah yang ditunjuk oleh sekolah untuk melakukan proses input data.

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, sudah banyak tersedia dari pihak-pihak hosting, tinggal masukan aja kata kunci untuk pencarian aplikasi tersebut. mudah kan!

Selain bisa di Download, aplikasi tersebut juga disediakan oleh pihak-pihak dinas kabupaten setempat. lebih mudah mana, mau download atau minta copy dari operator dinas? silahkan pilih sendiri.

Untuk proses download, memang kita lebih mudah untuk mendapatkannya aplikasi tanpa harus jauh-jauh ke dinas kab/kota. Namun, dengan proses download, banyak file yang tertinggal. Karena aplikasi yang di download besarnya tidak lebih dari 15 MB sedangkan besar file aslinya bisa mencapai 200 MB tergantung banyaknya data.

Untuk pengisian aplikasi pendataan UN offline setelah download aplikasi maka diperlukan file-file berikut ini sebagai pelengkap aplikasi:

1. Rayon11_ppj.dbf (11=2011, pp=kode_provinsi, j=jenjang (U=SMA, K=SMK, P=SMP) besarnya file 2 kilobyte

2. Sek11_pprrj.dbf (11=2011, pp=kode_provinsi, rr=kode_rayon/Kab_kota, j=jenjang) besarnya file tidak lebih ddari 100 kb, tergantung banyaknya sekolah di Kab/kota bersangkutan

3. data_smp/SD_08_pp.dbf (pp=kode_provinsi). file ini diperlukan jika kita input data melalui nomor Ujian Nasional siswa pada jenjang sebelumnya yaitu pada tahun 2008 dan besar file ini bisa mencapai 200MB

aplikasi hasil dari download, tidak akan menyertakan ke 3 file diatas sehingga untuk input data kita tetap memerlukan aplikasi dari dinas kab/kota dengan file yang lengkap. dan itu memudahkan kita sebagai operator sekolah dalam input data. Namun untuk Provinsi jawa Barat, file rayon11_02u. dbf (untuk SMA) dan file rayon11_02k.dbf (untuk SMK) disediakan sedangkan untuk file data_smp/SD_08_02 tidak tersedia (harus menghubungi pihak operator dinas kab/kota)




4. Kode Propinsi 22 Bali (file Excel)

5. Kode Propinsi 30 Banten (file (Excel)


7. Download Aplikasi UN SMP (bios baru)

Maaf. Untuk Propinsi Lainnya  belum sempat di upload

Tambahan:

Untuk file Propinsi.dbf , file rayon11_ppj.dbf, dan file sek11_pprrj.dbf, file dbf nya bisa dibuat dalam bios lama. untuk kodenya, belum bisa saya upload semua (untuk SMA).

1 komentar: